Kari Sayur ala India ( Vegetable Curry Naan )

 "Satu Lagi masakan khas.. yang suka saya nikmati saat-saat mendampingi suami menempuh pendidikan di Negeri Tetangga.. Malaysia"
BAU rempah-rempah yang kuat merupakan salah satu ciri khas masakan India. Salah satu yang paling populer adalah kari. Selain sudah akrab di lidah lokal, kari juga banyak variasinya. ''Menikmati kari ala India sangat pas dengan roti naan. Jika suka, bisa juga menggunakan nasi putih. Biasanya, jenis nasi biryani atau basmathi rice,'' kata Umar Saichan.
Pada masakan India, daging ternak atau makanan laut tak termasuk hidangan utama. Justru, sayuran yang paling banyak menjadi bahan masakan. Sayuran bisa jadi hidangan pembuka, makanan ringan, acar, main course, hingga dessert. Kari sayuran tak kalah nikmat dengan bahan daging kambing. Sayur yang dipilih terdiri atas kentang, kacang polong, terong, dan zucchini.
Cara membuat kari sayur cukup mudah. Awalnya, bumbu kari ditumis hingga harum. Lantas, masukkan semua sayuran yang telah dipotong sesuai selera. Masak beberapa menit. Kemudian, dihidangkan selagi hangat. 'Agar matangnya bersamaan dengan sayuran lain, kentang direbus terlebih dahulu.
Yoghurt juga kerap ditambahkan pada masakan India. Terutama, masakan yang berbahan daging kambing. Fungsi yoghurt adalah menambah cita rasa masakan. Serta, menetralisir kadar kolesterol tinggi pada kambing. ''Tak perlu takut menikmati masakannya. Meski tidak bebas kolesterol, minimal kadarnya sudah berkurang,''
Variasi pilihan sayuran yang sering saya gunakan dan untuk mempermudah.. adalah kentang buncis dan wortel

Bahan

10 ml minyak sayur

10 gram bawang putih cincang

10 gram bawang bombay cincang

200 gram kentang rebus potong kotak

100 gram brokoli

100 gram kembang kol

100 gram tomat potong kotak

90 gram bubuk kari

100 gram zuchini potong kotak

100 gram kacang polong

2 batang daun ketumbar

90 gram yogurt plain

1/2 sendok teh garam, merica, gula

15 lembar naan bread


Cara membuat

Panaskan minyak tumis bawang putih dan bombay sampai harum.

Masukkan bubuk kare dan yogurt.

Masukkan semua sayuran dan rebus sampai matang.Sajikan dengan roti naan.

Source: www.jawapos.co.id
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

No comments:

Post a Comment